Halaman

Senin, 25 Juli 2011

Tugas Instalasi LAN

Pengertian Komunikasi Data.
 
Komunikasi data adalah bentuk komunikasi yang berkaitan dengan transmisi atau perpindahan data antara komputer-komputer, komputer dengan piranti-piranti yang lain dalam bentuk data digital yang dikirimkan melalui media Komunikasi Data, dengan kata lain komunikasi data ialah proses pengirimian data atau informasi dari suatu sumber ke tujuan.


Pengertian Jaringan Komputer.
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah
Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian pencetak (printer), Unit Pengolah PusatCPU), memori, Cakram keras (harddisk}
Komunikasi: contohnya surat elektronik (e-mail), pesan instan (instant messaging), percakapan di internet (chatting)
Akses informasi: contohnya Peramban web (web browsing)
Suatu jaringan komputer terdiri atas minimal dua buah komputer yang saling terkoneksi.







Metoda Komunikasi Data
Model Komunikasi data:

Berikut beberapa metoda komunikasi data:

a. Komunikasi data Simplex: satu arah
Dalam komunikasi data simplex, komunikasi data dilakukan satu arah dan tidak memerlukan respon secaara rangsung, contoh : Siaran Radio


b. Komunikasi data Half Duplex: Dua arah bergantian

Dalam komunikasi data half duplex, komunikasi data dilakukan secara bergantian antar pengguna contoh, : walkie talkie (HT)


c. Komunikasi data Full Duplex : Dua arah bisa bersamaan
Dalam komunikasi data full duplex, komunikasi dilakukan dua arah secar bersamaan antar pengguna, contoh : Telepon



Model referensi

-MODEL REFERENSI OSI
Model referensi OSI adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1997. Model ini disebut juga dengan model “Model tujuh lapis OSI” (OSI seven layer model).
Dalam suatu jaringan yang besar biasanya terdapat banyak protokol jaringan yang berbeda. Tidak adanya suatu protokol yang sama, membuat banyak perangkat tidak bisa saling berkomunikasi. Untuk mengatasi ini, ISO membuat suatu arsitektur komunikasi yang dikenal sebagai Open System Interconnection (OSI) model yang mendefinisikan standar untuk menghubungkan komputer-komputer dari vendor-vendor yang berbeda.
Berikut 7 layer OSI dan salah satu fungsinya.



1. Application Layer
Aplication layer berfungsi sebagai interface antara user dan komputer. Layer ini bertanggung jawab untuk mengidentifikasi ketersediaan dari partner komunikasi, menentukan ketersediaan resources dan melakukan proses sinkronisasi komunikasi.
2. Presentation Layer
Presentation Layer berfungsi untuk :
 Menyediakan sistem pembentuk kode (format coding), misalnya format ASCII yang digunakan komputer IBM compatible dan format EBDIC digunakan oleh mesin IBM.
3. Session Layer
Session Layer berfungsi dan bertanggung jawab : Mengkoordinasi jalannya komunikasi antar sistem.
4. Transport Layer
Transport Layer bertanggung jawab dalam proses : Pengemasan data upper layer ke dalam bentuk segment.
5. Network Layer
Network Layer bertanggung jawab untuk: Melakukan mekanisme routing melalui internetwork, router merupakan device yang berfungsi membawa trafik antar host yang terletak dalam network yang berbeda.
6. Data Link Layer
Data link layer bertugas menjamin pesan yang dikirimkan ke media yang tepat dan menterjemahkan pesan dari network layer ke dalam bentuk bit di physical layer untuk dikirimkan ke host lain.
7. Physical Layer
Tanggung jawab dari layer ini adalah melakukan pengiriman dan penerimaan bit. Physical layer secara langsung menghubungkan media komunikasi yang berbedabeda.








2. MODEL REFERENSI TCP/IP
TCP/IP dikembangkan sebelum model OSI ada. Namun demikian lapisan-lapisan pada TCP/IP tidaklah cocok seluruhnya dengan lapisan-lapisan OSI. Protokol TCP/IP hanya dibuat atas lima lapisan saja: physical, data link, network, transport dan application. Hanya lapisan aplikasi pada TCP/IP mencakupi tiga lapisan OSI teratas.

Komponen komunikasi











Komponen jaringan komputer
Adanya Hardware : PC , Network Interface Card
Dan hardware tersebut dilengkapi OS jaringan, Network adapter driver, protokol jaringan.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar